Our Blog

BEI Sediakan Inkubator untuk Startup Berbasis Pasar Modal

sumber
Perhatian terhadap perusahaan rintisan berbasis teknologi (Startup) makin banyak.

Salah satunya terlihat dengan langkah dari PT Bursa Efek Indonesia Tbk (BEI) meluncurkan Inkubator hasil kerja sama dengan beberapa mitra, seperti Bank Mandiri.

"Tren sekarang adalah proses bisnis berbasis Teknologi Informasi (TI). Kita dukung startup dengan inkubator ini," ungkap Direktur Utama BEI Tito Sulistio kemarin.

Menurutnya, Indonesia memiliki banyak potensi untuk melahirkan startup. Melalui inkubator yang dimilikinya, BEI akan mendidik beberapa anak muda yang memiliki ide atau gagasan mengenai sebuah startup. Mereka akan mendapatkan pendampingan hingga ide tersebut terealisasi.Dalam pendampingan ini, anak muda kreatif yang sudah mendaftarkan diri akan mendapatkan pelajaran tentang pendiran Perseroan Terbatas (PT), cara pengembangan start up, pembuatan laporan keuangan, hingga cara mengkapitalisasi hasil karyanya.

Nantinya dalam kelas inkubator ini juga dilakukan mediasi dan pengenalan dengan para pemilik modal. Sehingga diharapkan startup yang dilahirkan‎ bisa langsung diimplementasikan. Dalam pendidikannya, di inkubator ini memiliki kapasitas 50 orang. Nantinya dari 50 orang‎ tersebut akan menghasilkan 20 startup, di mana setiap start up akan dikerjakan dua-tiga orang.

Program ini akan dimulai bulan Februari. Sementara pendaftarannya mulai dibuka Jumat (27/1). Tiap orang yang lolos mesti merogoh kocek Rp 1 juta per bulan.

Asal tahu saja, BEI dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sedang menyiapkan papan bursa khusus untuAk startup dan UKM. Papan bursa khusus UKM ini nantinya akan punya aturan dan persyaratan yang didesuaikan dengan skala bisnisnya.

Saat ini, berdasarkan aturan yang berlaku, sebuah perusahaan  harus memiliki aset berwujud bersih minimal Rp 5 miliar supaya dapat melepas sahamnya ke publik. Selain itu, sesuai petunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan diwajibkan serta penerapan tata kelola usaha yang yang baik. (sumber)

SORKAM Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.