Our Blog

Jalan Sorkam Memprihatinkan

Jalan Propinsi di Sorkam Kiri Tapteng Memprihatinkan

Mar 14, 2007 at 08:13 AM
Sorkam (SIB)

Sepertinya paradigma baru Pempropsu membangun kawasan pantai Barat Sumut baru sebatas retorika belaka sebab pada hakekatnya kondisi jalan propinsi di Tapteng, khususnya di wilayah Sorkam Kiri sangat memprihatinkan. Selain badan jalannya sempit , hampir 200 meter ditemukan lubang-lubang jalan dan siap menelan korban para pengguna jalan raya yang melintasi di jalan tersebut.” Jalan propinsi di Sorkam Kiri Tapteng kondisinya sangat memprihatinkan, mirip jalan menuju kampung-kampung yang terpelosok.

Pemerintah hanya bisa beretorika memperbaiki jalan di kawasan pantai barat, khususnya di wilayah Tapteng. Jalan di Sorkam Kiri sama sekali tidak pantas disebut jalan propinsi, sebab selain badannya sempit, juga berlubang-lubang dan bergelombang. Padahal, pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden SBY telah berungkali meminta kepada aparatnya agar senantiasa memperhatikan dan bekerja untuk kepentingan masyarakat, apalagi Tapteng masih dikategorikan sebagai salah satu kabupaten tertinggal di Sumut. Minimnya perhatian Pempropsu terhadap kelangsungan pembangunan di kawasan tertinggal, membuktikan Pempropsu sesungguhnya tidak mendukung program pemerintah pusat dalam mengatasi kawasan tertinggal di Indonesia “, ujar Wakil Ketua P.Demokrat Tapteng Bidang Pertahanan dan Pemda GM Windu Panggabean kepada wartawan via selulernya , Senin (12/3).

Padahal, kata GM Windu Panggabean yang dikenal selama ini sebagai salah satu politikus muda yang getol memperhatikan kondisi masyarakat Tapteng, Pemkab saat ini sedang giat-giatnya membangun program wisata turis yang salah satunya adalah rencananya pembangunan kawasan pantai Binasi Sorkam Kiri.”Bagaimana program daerah bisa berjalan, kalau pemerintah atasannya saja tidak mendukung apa yang dilakukan Pemkab Tapteng saat ini?”, katanya heran.

Ia menyarankan, Pempropsu hendaknya tidak merusak citra dan program pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden SBY, sebab sangat “naïf” bila Pemprovsu sebagai perpajangan tangan pemerintah pusat tidak sejalan dengan program pembangunan kawasan tertinggal Pemerintahan SBY saat ini.” Pempropsu jangan sakiti hati masyarakat Tapteng yang masih miskin.Tidak ada artinya sebuah pembangunan, bila kita sebenarnya tidak mampu mengurangi beban masyarakat. Rakyat saat ini tidak butuh pidato atau pun janji-janji pejabat, tapi rakyat membutuhkan karya nyata dan kepedulian untuk berbuat secara nyata bagi kepentingan masyarakat “, katanya.

Harapan senada juga disampaikan Wakil Ketua KNPI Sorkam Barat Satriwal Tanjung. Pempropsu sebaiknya tanggap dan peka dengan aspirasi masyarakat yang saat ini sangat mengeluhkan kerusakan jalan provinsi, khususnya jalan menuju kawasan pantai Binasi. ”Rusaknya jalan propinsi di Sorkam Kiri sangat menganggu perekonomian masyarakat setempat.Pemprovusu diharapkan dapat segera mengatasi beban masyarakat Sorkam yang masih tergolong miskin dan tertinggal “, katanya.

Menanggapi aspirasi masyarakat tersebut, Kepala Unit Penanganan Rehabilitasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPRPJJ) Tarutung Ir Tirto Siahaan via HP nya menjelaskan, akibat keterbatasan anggaran, pihaknya tahun ini baru bisa melakukan perbaikan jalan propinsi di Sorkam Kiri efektif sepanjang 2 Km , dengan anggaran Rp 2, 6 M.” Padahal, sebenarnya kita sudah usulkan pembangunannya besar-besar, tapi toh keputusannya bukan pada kita, tapi semua tergantung pada kemampuan anggaran yang ada”, katanya.

Walau demikian, ia menyarankan, kiranya Pemkab dapat lebih pro aktif mengajukannya pada Musrenbang Pempropsu mendatang agar pembangunan jalan propinsi di Tapteng yang belum tertangani dapat ditampung di TA.2008 mendatang.” Kami tidak akan mungkin dapat berjalan sendiri, kalau Pemkab sendiri pun tidak aktif mengusulkannya pada Pempropsu”, katanya .

Ia menambahkan, khusus di daerah Sorkam Kiri, pada tahun ini juga akan dibangun pembuatan bronjong pada ruas jalan Sorkam Kiri–Barus dengan anggaran Rp 500 juta.

SORKAM Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Template images by richcano. Powered by Blogger.