Our Blog

Marah Halim Cup Diikuti Klub Terkemuka di Indonesia

Turnamen sepakbola “Marah Halim Cup” yang rencananya akan digulirkan kembali tahun 2009, disarankan diikuti klub-klub terkemuka di Indonesia, sementara tidak perlu dulu mengundang tim dari luar negeri.

“Kalau bisa, pihak panitia penyelenggara event tersebut mengutamakan klub sepakbola di tanah air yang bisa menarik minat penonton,” kata tokoh sepakbola Sumut, Suryanto Herman kepada ANTARA di Medan, Kamis.

Sumber

Tidak ada Tim Inggris sekuat yang ada di Langkat di seluruh Nederlandsche Indie. Tidak ada tim Inggris yang eksis diluar wilayahnya/koloninya kecuali yang ada di Langkat.

Jauh sebelum ada Tim Inggris dari Langkat, Tim Inggris asal Penang memprovokasi adanya pertandingan sepakbola di Nederlandsche Indie yang dilangsungkan di Medan, tanggal 31 Desember 1893. Inilah pertandingan sepakbola pertama kali diadakan di Kepulauan Nusantara.

Lalu kemudian, Tim Inggris vs Tim Belanda di Medan yang dilangsungkan pada tahun 1915 menjadi berita heboh di Eropa. Inilah pertama kali Tim Belanda berhasil mengalahkan Tim Inggris—melampaui prestasi buruk Tim Nasional Nederland.. Pertandingan yang dilaksanakan di Esplanade Medan (kini Lapangan Merdeka) pada tanggal 1 Juni 1915 untuk pertamakali iklan pertandingan sepakbola dimuat di koran dan untuk yang pertama pula sebuah pertandingan di Medan penonton dikutip bayaran sebesar satu gulden. Dalam pertandingan ini juga untuk yang pertama kali lapangan Esplanade disulap menjadi layaknya stadion (tertutup dan ada tribun). Dan ini pula suatu pertandingan sepakbola di Medan yang dapat disebut sebagai pertandingan sepakbola yang bersifat komersil (pra industrialisasi sepakbola). Di Jawa metode komersil serupa ini baru dilaksanakan pada tahun 1918 ketika Bandoeng menjadi nyonya rumah (kala itu belum disebut tuan rumah) kejuaraan antarkota (antarbond) se-Djawa.

Sumber

SORKAM Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Template images by richcano. Powered by Blogger.